Minggu, 21 Juli 2013

Asal usul Kota Magetan

Asal Usul kota Q- Sejarah Asal Usul Kabupaten Magetan Jawa Timur .Wilayah Kab.MAGETAN merupakan salah satu Kabupaten yang berada di perbatasan ujung barat antara Jawa Timur dan Jawa Tengah ini merupakan salah satu wilayah yang ada di bagian timur lereng Gunung Lawu.

Sejarah Kabupaten Magetan yang mengusung sebuah Motto "Memayu Hayuning Bawana Suka Ambangun" ini menaruh besar harapan untuk bisa membangun serta mengayomi semua masyarakat khususnya di seputar lingkup wilayah Kabupaten Magetan secara damai,bersih,aman dan tenteram di semua lini aspek kehidupan bermasyarakat.
Kabupaten Magetan sendiri adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Asal usul Kabupaten Magetan berbatasan dengan Kabupaten Ngawi di utara, Kota Madiun dan Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Ponorogo, serta Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri yang keduanya termasuk provinsi Jawa Tengah.  
Sejarahnya Magetan terkenal karena kerajinan kulit (untuk alas kaki dan tas), anyaman bambu, rengginan, dan produksi jeruk pamelo (jeruk bali)serta krupuk lempengnya yang terbuat dari nasi.Dan Gunung Lawu adalah tepi dari bagian barat Kabupaten Magetan, yang merupakan perbatasan dengan Karanganyar, Jawa Tengah.
Berikut batas fisik Kabupaten Magetan:
Utara: Kabupaten Ngawi
Timur: Kabupaten Madiun, Kota Madiun
Selatan: Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah)
Barat: Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah)
Adapun luas wilayah Kabupaten Magetan adalah 688,85 km²,yang terdiri dari 17 wilayah kecamatan, 208 desa, 27 kelurahan, 822 Dusun/Lingkungan, dan 4575 Rukun Tetangga. Dilihat dari tingkat kesuburan tanahnya dan area pertanian di semua lini wilayah Kabupaten Magetan, maka wilayah Kabupaten Magetan terbagi dalam beberapa tipe wilayah seperti tipe wilayah pegunungan dengan tanah pertanian subur dan sedang, dan tipe wilayah dataran rendah dengan tanah pertanian subur dan sedang.

0 komentar:

Posting Komentar